Kecamatan Rambatan Siapkan Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Editor : Fauza Afifah

TANAH DATAR, (JMG)- Jumat, 30/09 pagi ini tiang-tiang bendera pada perkantoran di lingkungan Kantor Camat Rambatan dan pada rumah-rumah warga yang selama ini rutin berkibar secara penuh hingga puncak tiangnya serentak mengibarkan bendera hanya setengah tiangnya saja.

Hal ini sebagai bentuk perkabungan atas tragedi berdarah pada 30 September 1965 lalu. Peristiwa yang dikenal dengan Gestapu PKI (Gerakan September Tanggal Tigapuluh-Partai Komunis Indonesia) yang merupakan pengkhianatan terhadap bangsa dan Pancasila tersebut menjadi catatan hitam perjalanan bangsa.

Dan setiap tahunnya secara rutin kita memperingati hari berkabung atas pengkhianatan yang menewaskan tujuh Jenderal dan satu perwira pertama Angkatan Darat (AD) tersebut dengan pengibaran bendera setengah tiang sebagaimana yang terlihat pada hari ini.

Selang sehari, Bangsa kita memperingati Hari Kesaktian Pancasila atas kemampuan bangsa kita mempertahankan Pancasila dari rongrongan ideologi komunisme yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila tersebut.

Satu Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila, Bendera Merah Putih akan kembali dikibarkan satu tiang penuh sebagai wujud, dalam hal ini peringatan tersebut ditandai dengan pelaksanaan Upacara oleh pemerintah dan petugas penyelenggaraan pemerintahan di seluruh pelosok negeri.

Camat Ikrar Pahlefi Mengatakan Kantor Camat Rambatan sebagai unit kerja Pemerintah pada wilayah kecamatan besok pagi akan melakukan giat upacara dimaksud tepat pukul 07.30 WIB dengan rangkaian acara mulai dari persiapan, upacara inti dan giat peringatan penutupan yang dilaksanakan secara kontiniuti.

Demi mematangkan kesiapan, siang ini paska pelaksanaan goro integratif, seluruh petugas upacara melaksanakan latihan dan gladi bersih upacara agar pelaksanaan besok tertib dan lancar ungkap ikrar.

Lebih lanjut Kegiatan latihan dan gladi bersih ini diikuti oleh seluruh petugas yang berasal dari instansi/ unit kerja di Kecamatan Rambatan. Dalam agenda, upacara besok pagi diikuti oleh seluruh Pemerintah Nagari dan Jajaran, Kantor dan Instansi teknis, Kelembagaan dan organisasi tingkat kecamatan hingga nagari, hingga tim pendampingan teknis seperti PD/PLD, PKH dan TKSK. Sementara khusus UPT sekolah-sekolah melaksanakan upacara peringatan secara mandiri di instansi masing-masing.

Jangan lupa, besok kita kibarkan secara serentak Bendera Merah Putih secara utuh di depan rumah masing-masing sebagai wujud bahwa kita bangga bernegara Indonesia dan bangga ber Pancasila. Dan jangan lupa, tanamkan dan implementasikan nilai luhur Pancasila dalam praktik kehidupan sehari-hari, karena kandungan nilai Pancasila merupakan nilai yang berakar dari budaya bangsa tutup ikrar. (Boy)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.