Wujud Nyata Semangat Gotong Royong Keluarga Besar Polsek Kalasan

Editor : Supani

Sleman (JMG) – Tak henti hentinya keluarga besar Polsek Kalasan semangat melaksanakan gotong royong membantu masyarakat membersihkan puing puing sisa kebakaran rumah milik Catur Subagyo Desa Randusari Sambisari RT 5/3 Purwomartani Kalasan Sleman Yogyakarta, tampak berjibaku dalam kegiatan gotong royong pembersihan puing-puing rumah bekas kebakaran dengan cara diangkat, dilansir secara manual oleh personil Polsek Kalasan. Selasa (08/11/2022).

Sebagaimana diketahui, prosesi pembersihan dengan cara diangkat, melangsir bekas reruntuhan kebakaran merupakan tradisi atau budaya yang telah ada dan diwariskan sejak dahulu. Tradisi dari masa lampau ini masih melekat di benak masyarakat dan terjaga dengan baik kelestariannya bahkan menjadi semangat dalam melaksanakan.

“Tradisi kerja bakti dan gotong royong pembersihan puing puing rumah dengan cara diangkat dilangsir juga merupakan prosesi budaya yang telah ada sejak dahulu dan diwariskan dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Biasanya Para sesepuh, tokoh adat dan tokoh masyarakat di wilayah tersebut menggambarkan prosesi kerja bakti gotong royong rumah dengan cara diangkat sebagai wujud semangat gotong royong dan kokohnya budaya Indonesia,” kata Kanit Samapta Polsek Kalasan.

“Semangat warga dalam bergotong royong tergambar jelas saat pelaksanaan gotong royong tersebut. Kerja sama itu pula yang menjadi dasar dan penggugah semangat Polsek Kalasan dalam menunaikan tugasnya di tengah masyarakat.

Dengan ini semakin nyata pula jargon andalan, bersama rakyat Polri kuat. Karena semangat Polri adalah masyarakat,” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut, keluarga besar Polsek Kalasan dipimpin Kanit Samapta Iptu Suramto beserta Relawan Kalurahan Purwomartani dan warga, melaksanakan bakti sosial, Kerja bakti membersihkan sisa kebakaran dapur rumah Bapak Catur bagiyo, Desa Randusari sambisari rt 5/3 Purwomartani Kalasan Sleman Yogyakarta, yang terjadi pada hari senin tanggal 07 November 2022 sekira jam 24.00 wib di Desa Randusari Sambisari rt 5/3 Purwomartani Kalasan Sleman Yogyakarta.

Iptu Suramto mengatakan bahwa semua yang terlibat kerja bakti gotong royong agar mengutamakan keselamatan jiwa diri sendiri maupun kelompok, sebagai insan Bhayangkara harus bisa menjadi tauladan dilingkungan yaitu peduli kepada masyarakat dalam bentuk apapun, memperhatikan prokes serta selalu berkordinansi dengan pihak terkait bilamana terjadi bemacana maupun kejadian yang menimpa warga masyarakat.

Personil yang terlibat kerjabakti sebagai berikut :

1. Fungsi gabungan dari Polsek Kalasan

2. BPBD Kabupaten Sleman.

3. Desa Purwomartani

  1. Relawan Desa Purwomartani ( RDP
  2. 5. STAK Yogyakarta.
  3. 6. PSJ Utara.
  4. 7. Banser Kalasan.
  5. Baguna.
  6. 9. Kolong malam.
  7. 10. Relawan KGR yang dipimpin Saudara Lanjar dan warga setempat.

( Susetya)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.