Upacara Memperingati Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke -77 tahun 2022, Berjalan Khidmat

Editor : Mas Pay

Kebumen (JMG) – Upacara Memperingati Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77 tahun 2022 di Polres Kebumen berjalan khidmat. Wakapolres Kebumen Kompol Bakti Kautsar Ali pada kesempatan itu bertugas sebagai Inspektur Upacara.

Sementara di Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin menghadiri Upacara Kemerdekaan di Pendopo Bupati Kebumen, Rabu 17 Agustus 2022.

Upacara ini sekaligus sebagai puncak peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia. Seluruh peserta upacara mulai dari para pejabat utama Polres, para Bintara hingga ASN Polri berbaris mengenakan pakaian dinas kebesaran atau Pakaian Dinas Upacara sesuai satuan dan fungsi masing-masing.

Adapun tema upacara kali ini yaitu “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

“Tema ini sebagai representasi dari semangat untuk bangkit dari masa sulit akibat pandemi covid 19 dan untuk bersama-sama bangkit, tumbuh, berkembang dan survive dari semua kesulitan,” jelas AKBP Burhanuddin.

Selepas melaksanakan upacra di halaman Mapolres, para personel Polres Kebumen mengikuti Upacara Detik-Detik Proklamasi Memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesi Ke-77 Tahun 2022, yang digelar secara daring langsung dari Istana Merdeka, Jakarta.

Para pejabat utama Polres mengikuti upacara di Gedung Tribrata secara terbatas, sedangkan Kapolres bersama Forkopimda mengikuti upacara secara daring di Ruang Arungbinang Kompleks Pendopo Bupati Kebumen.

Upacara dipimpin Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Pada upacara tahun ini, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan pakaian adat Dolomani dari Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara. Sementara Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin memakai baju adat Provinsi Banten.

Sebelum upacara dimulai, dilakukan kirab budaya yang merupakan prosesi arak-arakan untuk membawa duplikat bendera pusaka sang merah putih dan naskah teks proklamasi dari tempat penyimpanan di Ruang Kemerdekaan yang berada di Cawan Monas menuju Istana Merdeka.

Upacara dimulai dengan tembakan meriam sebanyak 17 belas kali, diikuti bunyi sirine selama satu menit.

Akibat pandemi COVID-19, dua tahun sebelumnya upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di halaman Istana Merdeka hanya dihadiri oleh peserta terbatas sementara tamu undangan lainnya hadir melalui konferensi video. Namun, untuk tahun ini, dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI, undangan dapat hadir langsung di Istana Merdeka.(Sugiri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.