Tanah Datar Kirim Dua Perwakilan Lomba Petugas OP Jaringan Irigasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 20222

Editor : Meza g.n

Tanah Datar, (JMG) – Kabupaten Tanah Datar mengirimkan dua perwakilan dalam Lomba Petugas Operasi dan Pemeliharaan (OP) jaringan irigasi tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2022.

Yaitunya kategori lomba pengamat pengairan yang ada di Nagari Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo dan kategori juru pengairan yang ada di Nagari Padang Ganting, Kecamatan Padang Ganting.

“Tanah Datar masuk dua kategori ini, kategori pengamat sudah masuk tiga besar, dan kategori juru sudah masuk lima besar. Tentunya kita berharap bisa mendapatkan nilai terbaik mewakili Sumatera Barat, dan yang terbaik satu akan kita kirim mengikuti lomba tingkat nasional,” kata Anggota Dewan Juri Lomba Petugas OP Provinsi Sumatera Barat, Ir M. Ridha Ruslan Msi di Batusangkar Kamis, (28/7) saat melakukan penilaian lapangan.

Ia mengatakan lomba petugas OP adalah salah satu kegiatan yang dilaksanakan Kementerian PU dan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDa) di Sumatera Barat untuk meningkatkan kinerja petugas dalam tugas OP.

OP menjadi sangat penting karena permasalahan sekarang ini adalah kekurangan air tidak di jaringan irigasinya melainkan dari hulu sungai.

“Oleh karena itu pemberian air ke petani harus diatur, agar air yang terbatas bisa dinikmati oleh petani. Disinilah tugas OP, mengatur dengan sebagus mungkin,” katanya.

Ia juga mengajak petugas OP di Tanah Datar untuk mengubah pandangan atau pola pikir terhadap perbaikan irigasi.

“Kita harus mengubah pandang kita kalau dulu dalam pikiran kita memperbaiki irigasi memiliki biaya yang tinggi, tapi sekarang kita rubah bagaimana memelihara irigasi agar tidak rusak,” katanya.

Sementara Yunaldi Yasri ST.MT Ahli Muda pada Dinas PUPR Tanah Datar menyampaikan penilaian kinerja operasi dan pemeliharaan meliputi berbagai aspek, diantaranya kinerja OP itu sendiri, kelembagaan, perhatian pemerintah terhadap OP.

“Alhamdulillah Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mendukung dan pada pada tahun ini kita sudah masuk tiga besar dan lima besar pada lomba OP tingkat provinsi,” katanya.

Sebelumnya Bupati Eka Putra SE. MM didampingi Wakil Bupati Richi Aprian SH. MH saat menyambut kunjungan Dewan Juri Lomba Petugas OP Provinsi Sumatera Barat menyatakan pemerintah daerah sangat mendukung dan mengapresiasi pada lomba OP tingkat provinsi.

Semoga tiga besar pada kategori pengamat dan tiga besar pada kategori juru pengairan itu bisa mewakili Sumatera Barat ke tingkat nasional.

“Namun yang lebih penting bukan kalah menangnya, tapi petugas OP bisa menyerap ilmu itu semua dan merealisasikannya,” kata Bupati. (Boy)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.