Relawan KGR Serahkan Langsung Bantuan Korban Banjir Di Gunung Kidul

Editor : Supani

Gunung Kidul (JMG) – Team Relawan KGR yang berjumlah kurang lebih 20 personel hari ini menyerahkan langsung donasi yang berhasil digalang ke Dusun Ngelo, Kelurahan Candirejo, Kapanewon Semin, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. (Minggu, 25/12/2022).

Beberapa pekan yang lalu bencana banjir bandang dan tanah longsor melanda kabupaten Gunung Kidul, tepatnya di wilayah Semin. Bencana tersebut telah menimbulkan korban jiwa dan kerugian materiil yang cukup besar bagi para korban terdampak bencana tersebut. 

Mendengar hal tersebut, Lanjar Supriyanto ketua sekaligus pemegang tongkat komando Relawan Konco Guyub Rukun (KGR) langsung mengajak dan memerintahkan pengurus relawan untuk membuat langkah cepat, tepat & terukur guna membantu saudara – saudari kita yang menjadi korban dari bencana alam tersebut. Aksi penggalangan dana akhirnya disepakati dan dilaksanakan relawan KGR dengan cara mengamen di jalanan, pasar – pasar tradisional dan pusat keramaian di wilayah yogyakarta. Dalam kurun waktu lima hari mengamen telah berhasil mengumpulkan donasi yang terbilang cukup untuk bisa sedikit meringankan beban para korban bencana, ujar Lanjar.

Kegiatan sosial berupa aksi solidaritas penggalangan dana ini dilakukan di beberapa pasar, diantaranya pasar Demangan, pasar Kranggan dan pasar Lempuyangan.

Saat diwawancarai awak media, Sani Puspita, koordinator lapangan kegiatan ini menyatakan, selain pasar – pasar tersebut aksi juga dilakukan di persimpangan – persimpangan jalan, diantaranya diPingit, Sagan dan di Tajem, bahkan Stadion Maguwoharjo tak luput dari sasaran aksi penggalangan dana ini.

Lebih lanjut Sani menandaskan, setelah donasi berhasil terkumpul, dana tersebut segera dibelanjakan dalam bentuk logistik berupa sembako (sembilan bahan pokok) yang selanjutnya tepat pada hari ini bisa diserahkan langsung kepada warga terdampak bencana.

Bantuan berupa logistik sembako secara simbolis diserahkan oleh Ketua Relawan KGR Lanjar Supriyanto dan diterima Sri Hartono selaku Koordinator Posko Bencana, didampingi Carik setempat Nuryanto.

Baik Hartono maupun Nuryanto dalam tanggapannya sama – sama mengucapkan terima kasih, memuji serta mengapresiasi langkah yang dilakukan para Relawan KGR yang mana sifat – sifat Solidaritas dan Kepedulian seperti ini layak untuk ditanamkan dan dipelihara di hati dan jiwa setiap insan manusia. Tentu saja bantuan ini sangat berarti dan bermanfaat bagi kami beserta warga yang lain yang terdampak bencana ini, pungkas Hartono.

Sampai berita ini diturunkan, sejumlah 7 KK yaitu Mukimin, Ika Apriyani, Waliyo, Salinem, Solikin, Paino dan Suryansyah masih terpantau tinggal di barak – barak pengungsian yang didirikan di area SD Negeri Candirejo 2, Semin.

Sebelum meninggalkan lokasi, relawan KGR menyempatkan berkeliling di seputar barak untuk mengajak para pengungsi bersama – sama memanjatkan doa agar bencana dan cobaan ini segera berakhir dan rumah tinggal mereka bisa segera dibangun kembali agar bisa ditempati bersama keluarga.

Ke depan, tandas Lanjar, bila situasi sudah memungkinkan Relawan KGR berkeinginan untuk menghibur warga setempat, namun untuk konsepnya masih akan dirundingkan bersama. Hal ini agar trauma yang dialami warga bisa segera hilang dan warga bisa kembali cepat beradaptasi pasca  yang dialami warga setempat. (Susetya)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.