Redam Bentrok Dua Kubu Serikat Pekerja di Inhu, Brimobda Riau Pastikan Situasi Kondusif Jelang Pemilu

Editor : Ocu Azhar

PEKANBARU, (Jejak Media Group/JMG) – Bentrok antara dua kubu serikat pekerja yang terjadi di Kecamatan Batang Gansal, Indragiri Hulu (Inhu) berhasil diredam Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Riau, Selasa (16/1). Sebelumnya diketahui dua kubu itu sempat bentrok di areal PT NHR.

Bentrokan itu disinyalir karena adanya dualisme kepengurusan, sehingga berujung saling klaim terkait proses bongkar muat di perusahaan tersebut.

Dansat Brimob Polda Riau Kombes Pol Dwi Yanto Nugroho mengatakan, pada saat terjadi bentrok dirinya langsung memerintahkan Batalyon C yang berada di Inhu untuk turun ke lokasi guna meredam bentrok.

“Memang sempat terjadi bentrok karena dualisme kepengurusan pada serikat pekerja di sana. Jumlah massa puluhan,” ungkap Kombes Pol Dwi.

Ada sebanyak 42 anggota Brimob yang diturunkan untuk membackup pengamanan yang dilakukan Polres Inhu. Di sana, para personel langsung mengamankan lokasi termasuk areal perusahaan yang berada di sekitarnya. Selain itu, pihaknya juga berupaya mendinginkan para pihak terkait agar tidak memperpanjang masalah.

“Saat ini situasi sudah kondusif dan kami masih siaga dan standby di lokaso dengan kekuatan personel khusus Brimob Yon C berjumlah 42 orang. Ada juga petugas gabungan dari Polres setempat,” sambungnya.

Dansat mengimbau para pihak agar bisa menahan diri dan menyelesaikan persoalan dengan kepala dingin. Dia yakin, segala sesuatu persoalan bisa diselesaikan dengan jalan damai tanpa menimbulkan korban jiwa.

“Respon cepat kami juga sesuai dengan petunjuk dan perintah langsung Bapak Kapolda agar jajaran selalu bisa meredam potensi kerawanan kamtibmas,” sebutnya.

“Kami mengimbau agar kedua belah pihak agar bisa menahan diri. Apalagi sebentar lagi akan dilangsungkan Pemilihan Umum (Pemilu). Kepolisian bertekad untuk mensukseskan Pemilu dan mewujudkan Pemilu yang aman, sejuk, serta kondusif,” pungkas Dansat.

( Az77 )

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.