PPK Pilkada Serentak Di Riau Dilantik Hari Ini

Editor : Ocu Azhar

Pekanbaru, ( JMG ) – Secara serentak 857 orang dari 860 orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Pemiihan Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota se Provinsi Riau di 12 kabupaten/kota di Riau dilantik pada hari yang sama.

Demikian disampaikan Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi, Hubungan Masyarakat dan SDM KPU Provinsi Riau, Nugroho Noto Susanto, melalui sambungan telepon seluler di disela-sela menghadiri pelantikan PPK se Kabupaten Bengkalis di Gedung Cik Puan Bengkalis, Kamis (16/5/24)

“Hingga sore ini, sebelas KPU Kabupaten/Kota sudah melaksanakan Pelantikan PPK, satu lagi yaitu Kabupaten Pelalawan akan melaksanakan pelantikan malam ini, dan terkonfirmasi telah lengkap melaksanakan registrasi. Jadi, dari 860 orang anggota PPK terpilih untuk 172 kecamatan, yang dilantik baru 857 orang, sementara 3 orang lainnya berhalangan hadir dan akan dilaksanakan pelantikan susulan yaitu 1 orang anggota PPK dari Kabupaten Siak dan 2 orang anggota dari Kabupaten Indragiri Hilir”.

Tujuh Pesan Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi, Hubungan Masyarakat dan SDM KPU Provinsi Riau KPU Riau pada Pelantikan anggota PPK Pilkada 2024 se- Provinsi Riau. “Tujuh pesan saya kepada PPK yang baru dilantik hari ini, yang pertama, PPK se-Provinsi Riau dilantik tersebar di 172 Kecamatan pada 12 Kab/Kota se-Riau. PPK adalah perpanjangan dari KPU Kabupaten/Kota dan Provinsi. Maka PPK harus satu komando sebagai organisasi vertikal di KPU.

Kedua, marwah Pilkada ada di tangan penyelenggara Pemilihan. Maka integritas, soliditas, loyalitas harus dijaga. Ingat, saudara dilantik hari ini dalam kapasitas saudara sebagai Penyelenggara Pemilihan untuk melaksanakan Pilkada Beradab di Provinsi Riau. Maka bersikaplah sebagai penyelenggara Pemilihan.

Ketiga, baik buruknya organisasi PPK bergantung pada kekompakan anggota dan sekretariat. Maka kami pesankan agar PPK solid tanpa friksi perpecahan. Kami tidak mau mendengar setelah dilantik hari ini terjadi keributan baik karena faktor ketidaksamaan pandangan, latar belakang organisasi yang berbeda, atau tata kelola keuangan. Kami tahunya Saudara semua adalah Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan yang merupakan bagian dari organisasi KPU.

Keempat, Pilkada kita tidak lama. Sekitar enam (6) bulan efektif lagi kita sudah akan melakukan pemungutan suara, maka lakukan yang terbaik untuk bangsa dan negara. Tunjukkan bahwa Saudara adalah anggota PPK Terpilih yang terbaik. Wujudkan inovasi-kreasi yang terbaik untuk Pilkada Beradab 2024 di wilayah saudara masing-masing.

Kelima, setelah Saudara dilantik, di atas Saudara ada organisasi KPU Kabupaten/Kota. Sila saudara koordinasi segera ke KPU Kab/Kota tentang pekerjaan yang harus segera dilaksanakan. Di antara tugas lain yang menanti adalah pembentukan sekretariat. Usulkanlah sekretariat yang dapat bekerja sama dengan baik, memiliki kemampuan manajerial dan komunikasi yang baik. Kami ingatkan bahwa Pilkada memiliki tantangan yang tidak ringan. Maka kelolalah organisasi PPK dengan sangat baik, sejak dari perencanaan, pelaksanaan, hingga laporan pertanggungjawaban. Jangan sampai hanya bisa melaksanakan, tapi tidak bisa melaporkan kegiatan dengan baik.

Keenam, kepada KPU Kab/Kota, kami ucapkan terima kasih yang telah bertungkus lumus melakukan seleksi badan adhoc PPK sejak pengumuman pendaftaran hingga pelantikan/pengangkatan sumpah janji. Kami apresiasi setinggitingginya atas kerja keras saudara semua. Namun pekerjaan kita belum selesai, kita masih harus menyelesaikan tahapan seleksi PPS yang sudah masuk pada tahapan ujian tertulis. KPU Riau memohon agar semua anggota KPU Kab/Kota dan jajaran sekretariat melakukan sinergi yang baik, menyukseskan tahapan seleksi PPS secara bermartabat.

Terakhir, yang ketujuh, kami ucapkan selamat kepada anggota PPK yang telah dilantik. Semoga Pilgubri 2024 dapat terlaksana secara Bersih, Adil, damai dan bertanggung jawab [Beradab]”, tutup Nugroho.

Jadwal Pelaksanaan Bimtek PPK

  1. Dumai bimtek tgl 16 Mei setelah pelantikan di Hotel Grand Zuri
  2. Rohul bimtek tgl 16 dan 17 mei 2024 setelah pelantikan di hotel Sapadia
  3. Inhu bimtek tgl 16 mei 2024 setelah pelantikan di gedung dang purnama rengat
  4. Siak bimtek tgl 16 mei 2024 pkl 14.00 setelah pelantikan di gedung LAM Kab siak
  5. Bengkalis Bimtek tgl 16 mei setelah pelantikan di gedung Cik Puan
  6. Inhil Bimtek tgl 16 mei 2024 setelah pelantikan di Aula Hotel Top 5
  7. Pekanbaru (Pelantikan, Pembekalan dan Bimtek dilaksanakan di Hotel Pangeran) tgl 16 Mei 2024
  8. Kuansing ( pelantikan, pembekalan, dan bimtek ) 16. Mei 2024
  9. Pelalawan, pelantikan tgl 16 mei 2024 pukul 20.00 wib di gedung Bapeda pelalawan, sekaligus bimtek
  10. Kepulauan Meranti, tanggal 16 di Hotel Grand Meranti, bimtek tanggal 19 Mei 2024
  11. Kampar pelantikan tanggal 16 Mei pukul di aula bupati Kampar. Bimtek menyusul
  12. Rohil pelantikan 09.00wib di gedung Misran Rais.

( Az77 )

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.