Pasca Naiknya Debit Air Sungai Batang Lawe, Begini Akibatnya

Editor : De Ola

Solok Selatan, (JMG) – Peninjauan usai pasca naiknya debid air sungai batang lawe rabu malam, 03/07/2024. Yang di tinjau langsung oleh Camat Sungai Pagu, Pj Wali Nagari Sako Utara beserta staf dan BPBD.

Menyikapai kejadian tersebut Pj Wali Nagari Sako Utara Masri Susanti S.I.Kom mengatakan sudah melaporkan ke pihak-pihak terkait tingkat kabupaten yaitu ke PU pengairan dan ke bina marga baik secara via Whatsap ataupun secara admistrasi sudah di sampaikan ke Kabupaten oleh staf nagari.

Dijelaskan Masri Susanti telah terjadi hujan lebat sehingga menyebabkan debit air naik mengakibatkan badan jalan amblas dan terdapat banyak titik bendungan pinggir sungai yang berada di kenagarian Sako Utara Amblas di terjang air sungai pada malam itu.

Jalan amblas terparah yang sudah tidak dapat dilalui lagi oleh kendaraan roda empat di depan mesjid Al-wusta mudiak Lawe Timur, kemudian di depan mesid , didepan SMP N 19 itu beronjong dan bendungan pinggir sungai ambruk masuk kedalam sungai serta banyak lagi titik kecil² lainya ikut diseret air malam itu. Tuturnya.

“Selain itu juga dilihat ke Irigasi Sungai Batang Lawe juga terdapat banyaknya batu besar dan kayu-kayu bekas banjir. “

Pj Wali Nagari Sako Utara Masri Susanti sangat berharap kepada pemerintah daerah segara menanggapi perbaikan pinggir-pinggiran sungai yang telah banyak ambruk akibat naiknya debid air dan jalan-jalan yang sudah amblas. Agar dapat segera di perbaiki dan untuk badan sungai dari provinsi juga dapat membangun cekdam karena sudah rawan sudak tidak bisa lagi dengan bronjong. (Helfi yulinda)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.