Pamungkas di SBJ, 12.734 Stel Seragam Gratis Dibagikan ke Siswa SD-SMP Tahun Ini

Editor : De Ola

Padang Aro , (JMG) – Sebanyak 12.734 stel seragam gratis telah dibagikan oleh Pemerintah Kabupaten Solok Selatan kepada siswa baru di jenjang pendidikan SD dan SMP tahun ini. Kecamatan Sangir Balai Janggo menjadi lokasi pamungkas dalam pelaksanaan program ini.

Bupati Solok Selatan H. Khairunas mengatakan ini merupakan tahun ketiga pelaksanaan program unggulan pemerintah di bidang pendidikan. Diharapkan dengan berlanjutnya program ini akan semakin banyak peserta didik di Solok Selatan yang semangat dalam menjalankan pendidikannya.

“Dukungan dalam bentuk seragam gratis ini, diharapkan dapat meringankan beban para orang tua dan memotivasi para anak-anak kami agar lebih giat lagi untuk belajar,” kata Khairunas dalam pembagian seragam gratis di Kecamatan Sangir Balai Janggo, Selasa (5/9/2023).

Bupati menjelaskan, pemerintah bertanggung jawab untuk mempersiapkan generasi Solok Selatan yang berkualitas. Untuk itu program ini menjadi salah satu bentuk dari tanggungjawab tersebut.

Senada, Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda mengatakan dalam menjalankan program, saat ini pemerintah melaksanakannya tanpa pandang bulu. Hal ini juga didukung penuh oleh perwakilan rakyat.

“Inilah bentuk komitmen pemerintah kabupaten dan DPRD bahwa tidak memilah. Yang penting program ini diserahkan demi kemajuan masyarakat. Pada setiap kegiatan dan even tidak hanya berdampak ke instansi. Tapi bagian dari strategi untuk mengungkit dan menumbuhkembangkan sektor lain,” kata Zigo.

Dia mengatakan semoga ke depannya masalah seragam sudah tidak lagi menjadi alasan bagi orang tua untuk enggan menyekolahkan anaknya. Karena pendidikan menjadi hal penting dalam mempersiapkan masa depan generasi penerus daerah.

Adapun di kecamatan ini sebanyak 434 stel untuk siswa SD dan 278 stel siswa SMP. Terdapat sebanyak 9 SD negeri dan 3 SD swasta kemudian 3 SMP negeri dan 1 SMP swasta yang mendapatkan seragam di Kecamatan Sangir Balai Janggo.

Bersamaan juga diberikan berbagai macam bantuan, mulai dari bantuan pendidikan dari Baznas Solok Selatan senilai Rp 27 juta untuk 27 orang, bantuan bedah rumah senilai Rp 75 juta untuk enam orang, dan bantuan konsumtif lansia senilai 17 juta untuk 34 orang penerima.

Pemerintah juga memberikan bantuan berupa bibit manggis, pinang, dan durian kepada masyarakat. Selain itu juga ada bantuan sembako dan bantuan untuk stunting.

Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Wakil Bupati Solok Selatan H. Yulian Efi, Forkopimda, Sekretaris Daerah H. Syamsurizaldi, Ketua TP-PKK, Ketua GOW, Ketua DWP, Asisten dan Staf Ahli, serta jajaran Kepala OPD. (Helfi yulinda)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.