Padang Panjang Resmi Luncurkan Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Walikota dan Wakil walikota.

Editor : De Ola

Padang, (JMG) – Peluncuran tahapan pilkada walikota dan wakil walikota Padang Panjang tahun 2024 digelar di gedung pertemuan M Syafei pada hari Senin 27 Mei 2024 yang juga dihadiri Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota, Dr. Winarno, M.E, Forkopimda dan berbagai stakeholder.

Ketua komisi pemilihan umum (KPU) Padang Panjang Poliandri saat itu menyebut, Momentum hari ini merupakan komitmen KPU Kota Padang Panjang, siap melaksanakan tahapan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padang Panjang Tahun 2024.

Ketua KPU sekaligus mengajak bersama-sama kepada masyarakat Kota Padang Panjang untuk terlibat aktif serta berpartisipasi dengan menggunakan hak pilihnya pada pilkada ini dengan hati yang damai secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil dan bermartabat, harapnya.

Disebut Poliandri, Dasar untuk pelaksanaan Pilkada ini adalah Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 tentang Perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Menjadi Undang-Undang.

Merujuk pada Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024.

Sedangkan untuk Pelaksanaan Pemungutan Suara nantinya jatuh pada hari Rabu, tanggal 27 November, tahun 2024 mendatang, ucap ketua KPU kota Padang panjang.

Dukungan Pemerintah Daerah beserta segenap Forkopimda, perguruan tinggi, organisasi masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat, Ninik mamak, Bundo Kandung, Pers dan juga masyarakat secara keseluruhan sangat diperlukan, ucapnya.

“Sementara itu, Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi (Rendatin) KPU Sumbar, Medo Patria, S.TP  menyampaikan selamat kepada KPU Padang Panjang yang memulai tahapan pilkada.

Kendati begitu, tahapan ini punya tantangan yang terbilang berat. Pilkada  2018 capaian pemilih 71%. Pada pemilihan presiden dan legislatif menunjukkan peningkatan partisipasi lebih dari 10% menjadi 84%. Harapannya angka partisipasi pilkada nanti  bisa meningkat seperti pilpres dan pileg lalu. harapnya.

“Pada kesempatan itu Winarno menyebut Padang Panjang termasuk salah satu dari 508 kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada secara serentak.

Pelaksanaan pilkada ini merupakan momentum penting untuk menjamin keberlangsungan pemerintahan dan pembangunan di Kota Padang Panjang pada masa mendatang, Ini akan menjadi kegiatan yang mewarnai kehidupan politik kita, ujarnya.

Menurutnya, hal ini sesuatu yang sangat positif. Winarno mengimbau seluruh masyarakat  menyukseskan pilkada dengan cara mempertahankan situasi yang kondusif, dan memberikan hak suara di TPS nantinya.

Dikatakannya, bursa bakal calon sudah mulai marak, figur-figur sudah bermunculan, walaupun KPU hari ini baru saja secara resmi melakukan peluncuran tahapan pilkada.(YB)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.