Miliki Potensi Budaya Beragam, Dialog Kebudayaan Diselenggarakan Jelang Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pati

Editor : Mas pay

Pati ( JMG ) – Penjabat Bupati Henggar Budi Anggoro, Kamis (27/7) menghadiri dialog kebudayaan “Pembangunan Kabupaten Pati Berbasis Kebudayaan” di Ruang Pragola Sekretaris Daerah Kabupaten Pati.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Kemdikbud Ristek, Asisten Pemerintah dan Kesra Kabupaten Pati, Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Pati, Pelaku Budaya, Tim Festival Giri Samudra, serta para tamu undangan lainnya.

Dialog kebudayaan ini bertujuan agar pemerintah daerah dan pelaku kebudayaan bisa melakukan upaya identifikasi kebudayaan dan membuat rekomendasi-rekomendasi sehingga kemajuan kebudayaan di Pati bisa memberikan manfaat dan kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Pati.

Dalam sambutannya, Henggar mengatakan bahwa dialog kebudayaan ini sebagai salah satu bagian dalam rangka mangayubagyo Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Pati yang ke-700.

“Pada pagi ini akan kita bahas kaitannya bagaimana melestarikan dan mengembangkan budaya yang ada di Kabupaten Pati, dan nantinya apa yang kita tampilkan di HUT Pati yang ke-700 bisa dikenal masyarakat luas,” jelas Henggar.

Mengingat Kabupaten Pati ini merupakan salah satu Kabupaten tertua, Henggar mengungkapkan banyak potensi budaya dan akan menjadi kebanggaan manakala kebudayaan daerah lebih dikenal di skala nasional.

Selain itu Pati memang terkenal dalam hal penyelenggaraan pentas budaya seperti ketoprak dalam momentum sedekah bumi dan di bulan Muharram banyak daerah di Pati menyelenggarakan parade.

“Pemerintah Kabupaten Pati mendukung sepenuhnya upaya teman-teman yang berkecimpung dalam lingkup budaya untuk terus melakukan kaitannya dengan kebudayaan di Pati,” ujar Pj Bupati.

Henggar menegaskan bahwa momentum Hari Jadi Pati juga berbarengan dengan kegiatan Porprov yakni tanggal 5-11 Agustus dimana Pati menjadi tuan rumah.

Ia berharap kegiatan yang dilakukan akan menjadi satu kesatuan, gerakan dan suatu bentuk konsolidasi antara tim Porprov dengan tim Hari Jadi Pati.

“Saya berharap itu nanti akan terjadi kolaborasi yang baik sehingga sama sama kita akan membranding Kabupaten Pati untuk ke kancah yang lebih luas”, harapnya. (Ari77)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.