LSM DPC GANN Padang Panjang hadir untuk memberikan edukasi penyuluhan pencegahan Narkoba

Editor : Meza GN

PADANG PANJANG, (JMG) – LSM DPC GANN (Lembaga Sosial Masyarakat Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Anti Narkoba Nasional) kota Padang Panjang adalah organisasi non Partai Politik, Indenpenden yang selalu hadir untuk memberikan edukasi penyuluhan pencegahan terhadap penyalahgunaan Narkoba yang sedang marak-maraknya ditengah-tengah masyarakat pada saat ini,

Kali ini GANN dengan Kelurahan Gantiang membuat kesepakatan dalam penandatanganan MoU, kegiatan sosial yang dilakukan GANN sekarang adalah kegiatan yang ke 9 (sembilan) kalinya di kelurahan dari 16 Kelurahan yang ada di kota Padang Panjang, disamping memberikan penyuluhan sekaligus melakukan Pengukuhan Kelurahan Bersinar ( Bersih Narkoba) yang dilakukan baru-baru ini di Aula kantor lurah Gantiang kecamatan Padang Panjang Timur.

Pada kesempatan itu Ketua LPM Dt. Desrial, ST, juga mantan kadis PU kota Padang Panjang dan beliau juga Ninik mamak di Nagari Gantiang tersebut, beliau mengatakan bahwa kami Atas nama LPM beserta perangkat, sekaligus masyarakat kelurahan Gantiang sangat menyambut baik kehadiran GANN, yang mana Selalu aktif memberikan edukasi penyuluhan, baik kepada masyarakat secara langsung diberbagai kelurahan, melalui kelurahan BERSINAR maupun ke sekolah-sekolah yang berbeda di kota Padang Panjang.

Disebut juga oleh Ketua LPM, sebelumnya beberapa waktu lalu pada tahun 2020 Kelurahan Gantiang juga telah pernah dikunjungi oleh BNN Pusat dalam penyuluhan tentang bahaya Narkoba, hari ini GANN datang untuk memperkuat memberikan edukasi penyuluhan kepada bapak dan ibu RT beserta perangkatnya yang hadir sekarang ini.

Ditambahkan juga olehnya, RT RT beserta perangkatnya adalah perpanjangan tangan dari Kelurahan, kita juga berharap nantinya RT RT tersebut dapat memantau perkembangan dan sekaligus menghimbau, mengajak, memberikan edukasi penyuluhan kepada masyarakat gantiang khususnya tentang bahaya Narkoba seperti yang disampaikan oleh Bapak Ibu kita dari GANN sekarang, ucap Defrizal.

Lurah Ganting Datuak Januardi ,SE, dalam sabutan memaparkan, sengaja kita mengundang 11 RT yang ada di kelurahan gantiang masing-masing diminta utusan 3 orang dari RT RT tersebut, juga LPM, Karang Garuna, fkpm, Babinsa, bhabinkamtibmas, karena merekalah perpanjang tangan dari Kelurahan nantinya agar selalu untuk memberikan pengawasan kepada pemuda-pemudi kita di masing-masing RT, karena RT juga ujung tombak Kelurahan.

Kita di Kelurahan Gantiang baru-baru ini juga mendapat juara 1 dalam penilaian Kelurahan berprestasi tingkat Sumatera Barat, jadi kita berharap Kelurahan Gantiang tidak saja berhasil dalam bidang prestasinya tetapi juga harus berhasil dalam menjaga masyarakat pemuda pemudi idup sehat, dan terhindar dari barang haram seperti penyalahgunaan Narkoba sesuai dengan tema sekarang, Kelurahan Gantiang bersinar, Gantiang Bersih Narkoba, harap Lurah.

Dalius Rajab selaku ketua DPC GANN memaparkan jumlah pengurus dan 51 orang dan terdiri dari 16 divisi, Program Kelurahan Bersinar ini merupakan Giat Pendampingan GANN terhadap Kelurahan dan Masyarakatnya untuk bersih dari penyalahgunaan Narkoba sekarang ini.

Selain Penyuluhan dan Edukasi pencegahan diberikan GANN, tentang Hukum, Kesehatan, Sosial dan Pendidikan Generasi Anti Narkoba, juga dijelaskan oleh Dalius Rajab bahwa GANN bukanlah wadah organisasi politik, kita pengurus LSM GANN adalah organisasi independen.

Makanya di dalam kepengurusan GANN banyak unsur masyarakat yang peduli tergabung didalamnya, sepeti ,ASN,TNI, Polri yang ikut membantu dalam melakukan edukasi dalam penyuluhan terhadap masyarakat melalui Kelurahan dan juga sekolah-sekolah, seperti yang telah dilakukan oleh GANN selama ini, ungkap dia.

ditambahkan lebih lanjut oleh ketua, 51 orang pengurus GANN dan 16 Divisi, seperti Divisi penelitian dan pengembangan yang diketuai oleh dr Lila Yanwar, Mars, dari RSUD, juga ada dari Polres, Pol PP, KUA, kesra, Camat Padang Panjang Timur, tokoh Agama, tokoh adat, Ninik mamak, Bundo kandung, wartawan, dan masih banyak pengurus lainnya, yang tidak sempat kami sebutkan nama satu persatu, jelasnya

Di waktu yang hampir bersamaan Ketua Dewan Penasehat Drs Deswandi Mkes ,Dt. Mangkuto Sati mengatakan, generasi muda merupakan tulang punggung bangsa dalam melanjutkan cita-cita bangsa dan bernegara dalam masyarakatnya, oleh karena itu generasi muda masyarakat umumnya perlu menjaga kesehatan agar tidak terjerumus dari hal-hal yang negatif dan merusak jiwa dan raga putra-putrinya dengan mengkonsumsi Narkoba dan sejenisnya yang saat ini sedang mengancam kehidupan generasi muda.

Disebut juga oleh Datuk Deswandi, lembaga masyarakat yang berbasis massa (GANN) melihat keprihatinan dan rasa sayang orang tua kepada anaknya dan masyarakatnya secara bersama-sama menempuh serta mencegah peredaran narkoba tersebut, khususnya di kota kita tercinta,sehingga kedepannya bangsa kita akan kuat tanpa narkoba ucap Deswandi.

Acara Pengukuhan ini di buktikan dengan penandatanganan MoU oleh Ketua GANN dan Lurah, yang di saksikan juga Babinsa Kusdiana, anggota LPM, PKK, RT dan Karang Taruna, Disamping itu dari pengurus GANN sendiri hadir Bendahara Setriyanti, Divisi Srikandi Meri Delvi , Divisi Humas Syafriyanto , Fikri, Divisi Penyuluhan Dina Mardhiah , Ratna Enita ,Divisi Satgas Erman Marlaut, Ssosi dan Jasril. (YB)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.