Lomba Cerdas Quran Solsel Diikuti Siswa-Siswi Penghapal Al-quran

Editor : De Ola

Padang Aro, (JMG) – Tahun ketiga pelaksanaan Lomba Cerdas Quran di Kabupaten Solok Selatan diikuti oleh ratusan siswa dari jenjang pendidikan SD/MI dan SMP/Mts se-kabupaten. Lomba ini diadakan dalam rangka menyambut HUT ke-20 Kabupaten Solok Selatan.

Bupati Solok Selatan H. Khairunas mengatakan pemerintah sepenuhnya mendukung kegiatan lomba ini. Sebab, selain sebagai bagian dari rangkaian kegiatan memeriahkan hari jadi ke-20 Kabupaten Solok Selatan, kegiatan ini juga membantu realisasi program unggulan pemerintah daerah, Satu Jorong Satu Rumah Tahfidz.

“Ini merupakan kali ketiga lomba Cerdas Quran kita gelar di Kabupaten Solok Selatan yang bekerjasama dengan Padang TV. Sebagai pemerintah daerah tentu kami sangat menyambut baik dan mendukung sepenuhnya pelaksanaan kegiatan ini,” kata Khairunas dalam pembukaan kegiatan ini di Aula Sarantau Sasurambi Kantor Bupati Solok Selatan, Selasa (2/1/2024).

Program ini ditujukan untuk menciptakan generasi Solok Selatan yang beraklaq mulia, yang tidak hanya sebagai pengahapal Alquran saja, namun mampu mengamalkannya ditengah-tengah masyarakat.

Menurut Bupati, adalah tanggungjawab pemerintah untuk membangun di bidang pendidikan. Untuk memastikan generasi masa depan yang lebih baik untuk melanjutkan tongkat kepemimpinan.

Untuk itu dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan bisa menjadi pemicu lahirnya generasi penerus Solok Selatan yang cerdas quran, artinya tidak hanya hafal ayatnya saja namun juga mengerti maksud dan tujuan ayat tersebut untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda menyampaikan program tahfidz ini menjadi salah satu upaya pemerintah kabupaten dalam bidng pendidikan. Disamping DPRD juga mendorong peningkatan sekolah, mutu guru, hingga meringankan beban orang tua pelajar.

“Selain itu kegiatan ini juga diharapkan bisa sebagai ajang untuk melatih mental anak untuk mampu berkompetisi. Terlebih di era globalisasi ini, kompetisi semakin terbua, tak hanya dengan orang di kabupaten ini saja, namun juga dengan dunia luar,” ungkapnya.

Lomba ini dilaksanakan mulai 1-4 Januari 2024 mendatang. Diikuti oleh peserta didik tingkat SD/MI dan SMP/MTs dengan total 161 sekolah dan 183 tim.

Lomba ini juga mendatangkan juri yang ekspert di bidangnya sehingga peserta dari lomba ini nantinya juga adalah yang terbaik dari yang lainnya. (Helfi yulinda)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.