Klinik Rutan Padang Gandeng Puskesmas Anak Air Screening HIV Bagi Warga Binaan

Editor : De Ola

Padang, (JMG) – Sebanyak 50 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dari Rutan Kelas IIB Padang mengikuti pemeriksaan HIV di Klinik Pratama Rutan Padang, Selasa (15/05/2024).

Kegiatan tersebut dilaksanakan bekerjasama dengan Puskesmas Anak Air Kota Padang sebanyak 3 orang Tim Medis dari Puskesmas Anak Air dibantu 3 orang Tim Medis Klinik Rutan Padang. Proses pemeriksaan kesehatan itu diawali dengan mengisi formular registrasi selanjutnya dilakukan pemeriksaan darah dengan menggunakan alat rapid test.

Dalam pelaksanaan pemeriksaan tersebut, para warga binaan diberikan pengarahan dan informasi terkait pentingnya menjaga kesehatan pribadi serta mencegah penularan penyakit menular. Petugas kesehatan Rutan Padang juga memberikan edukasi tentang langkah-langkah preventif yang dapat dilakukan untuk menghindari penularan HIV dan upaya-upaya untuk hidup sehat di dalam lingkungan tahanan.

Kepala Rutan Kelas IIB Padang, Welli mengapresiasi Kerjasama antara Rutan Padang dengan Puskesmas Anak Air sebagai Langkah proaktif dalam memperhatikan kondisi Kesehatan Warga Binaan. “Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan secara berkala guna menjaga kesehatan seluruh warga binaan dan mencegah penyebaran penyakit menular di dalam Rutan Padang,” tambah Welli.

Selain pemeriksaan, pihak Rutan Kelas IIB Padang juga melakukan bimbingan konseling kepada warga binaan di Rutan, yang apabila ditemukan ada indikasi HIV untuk segera dilakukan penanganan lebih lanjut.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.