Kapolres Pastikan Tidak Ada Penambangan Emas Illegal di Pasaman

Editor : De Ola

Pasaman, (JMG) – Maraknya penambangan emas illegal dibeberapa wilayah Provinsi Sumatera Barat sudah menjadi rahasia umum ditengah masyarakat. Beberapa daerah tersebut diantaranya adalah Sijunjung, Pasaman Barat, Solok Selatan, Solok, Dharmasraya, Pesisir Selatan dan Pasaman.

Maraknya penambangan emas illegal tersebut tak lepas dari lemahnya pengawasan dan tindakan dari aparat penegak hukum yakni kepolisian. Bahkan pihak kepolisian terindikasi melakukan pembiaran kejahatan terkait penambang emas illegal.

Padahal bila dilihat dari segi hukum, apa yang dilakukan penambang emas illegal itu jelas telah melanggar hukum. Begitu juga dilihat dari dampak lingkungan, tentu merusak lingkungan. Bahkan bisa mengakibatkan bencana alam.

Kendati dibeberapa daerah sedang maraknya penambangan emas illegal, untuk di Kabupaten Pasaman dibantah AKBP Yudho Huntoro, SIK, MIK selaku Kapolres Pasaman. Beliau memastikan tidak ada penambangan emas illegal diwilayah hukum Pasaman.

“Untuk penambangan di Pasaman saya pastikan tidak ada. Bila ada terdengar oleh rekan-rekan masyarakat segera laporkan ke polres dan akan ditindak aktifitas tersebut. Dengan informasi yang jelas. Terimakasih”, ujarnya kepada JMG.

Ditempat terpisah, Mayor (Purn TNI) Syamsir Burhan selaku Ketua Lembaga Pengawasan Reformasi Indonesia (LPRI) Sumbar kepada JMG mengungkapkan terkait pernyataan Kapolres Pasaman itu perlu dilakukan investigasi kelokasi. LPRI akan siap bersinergi dan membantu Polres Pasaman untuk memberikan informasi penambangan emas illegal.

” Kami dari LPRI Sumbar akan lakukan monitoring dan investigasi terkait ada atau tidaknya penambangan emas illegal di wilayah hukum Pasaman. Dalam waktu dekat, tim LPRI akan bergerak”, ujar Syamsir.

Syamsir juga meminta kepada Kapolres Pasaman untuk komitmen dengan ucapannya yang akan menindak tegas pelaku penambangan emas illegal. Sebab kalau hanya lips servis saja, percuma LPRI melakukan monitoring dan investigasi nantinya kelapangan, tandasnya. (Tim)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.