Hadiri Rangkaian Hardiknas, Bupati Sleman Dukung Kesejahteraan Para Guru

Sleman ( JMG ) – Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menghadiri kegiatan Senam Sehat Profil Pelajar Pancasila di Lapangan Pemda Kabupaten Sleman, Jumat (3/5).

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sleman ini merupakan salah satu rangkaian dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Kabupaten Sleman tahun 2024.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan kegiatan Senam Sehat Profil Pelajar Pancasila sebagai rangkaian Hardiknas.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan implementasi program kurikulum merdeka untuk menanamkan pola hidup sehat melalui olahraga dan membentuk karakter pelajar yang tangguh.

“Olahraga bukan lagi sekedar menjadi aktivitas untuk mengisi waktu luang, namun sudah menjadi kebutuhan dan harus dilakukan secara rutin mulai dari usia dini hingga usia lanjut,” jelasnya.

Ia juga menilai, Senam Sehat Profil Pelajar Pancasila dapat menumbuhkan sikap nasionalisme bagi para pelajar, dapat mengasah motorik kasar siswa dan dapat mengalihkan perhatian para pelajar yang lebih dominan sibuk dengan gawainya.

“Senam Profil Pelajar Pancasila juga dapat menjadi sarana fasilitas sekolah yang ramah anak, anti perundungan dan pembelajaran berdiferensiasi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Disdik Kabupaten Sleman, Ery Widaryana menuturkan bahwa kegiatan Senam Sehat Profil Pelajar Pancasila ini bertujuan untuk mewujudkan para pelajar yang berprofil pelajar pancasila, yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebhinekaan, gotong royong, bernalar kritis, juga berkompetensi.

Ery menambahkan, dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, pihaknya melibatkan seluruh elemen pendidikan termasuk guru di Kabupaten Sleman sebanyak 1.500 orang lebih.

“Ribuan guru kami libatkan dalam kegiatan ini (Senam Sehat Profil Pelajar Pancasila) untuk mengingat sekaligus mengimplementasikan profil pelajar pancasila itu pada anak didiknya,” jelas Ery.

Lebih lanjut, Ery juga menyebut, momentum Hardiknas ini, Pemkab Sleman juga terus berupaya bersama – sama dengan para guru di Kabupaten Sleman untuk meningkatkan pelayanan pendidikan agar masyarakat mendapatkan pelayanan pendidikan yang berkualitas. (Pay )

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.