Diduga Lemahnya Pengawasan Dan Kurang Matang Perencanaan Lanjutan Pembangunan Gedung Labkesda Di Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Terkesan Asal Jadi

Editor : Ocu Azhar

Pasaman, JMG – Miris memang apabila pembangunan yang tidak benar-benar diawasi apalagi pekerjaan lanjutan pembangunan gedung Laboratorium yang dikerjakan CV. ENAM SANDI UTAMA dengan nilai Rp.1.817.531.000,00 bersumber dari APBD 2023 yang fungsinya sangat dibutuhkan dan memerlukan analisa serta perencanaan yang matang sehingga tidak menimbulkan resiko yang tinggi disebabkan oleh lemahnya pengawasan dan kurang matang perencanaan.

Ketika dikonfirmasi JMG pada Kamis, 30 mei 2024 yang lalu mengenai teknis pemasangan pipa PVC yang sudah mengalami kerusakan serta kebocoran di beberapa tempat dalam masa pemeliharaan yang sama sekali tidak diperbaiki oleh pihak kontraktor, Arma Putera,SKM memberikan penjelasan jika pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman sudah menginstruksikan kepada Kontraktor untuk memperbaikinya. Tetapi ketika ditanya apakah sudah diperbaiki Arma Putera,SKM enggan menjawab padahal Labkesda ini dibangun di area perkantoran Dinkes tersebut.

Rahmi Wahidah yang merupakan Ketua Komisi Tiga DPRD Kabupaten Pasaman yang membidangi Pendidikan dan Kesehatan juga mempertanyakan apakah sudah sesuai pembangunannya dengan perencanaan yang ada, karena kalau masalah teknis tentu Konsultannya serta pejabat terkait di Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman yang lebih tau, Saran saya kepada pihak Dinkes agar lanjutan pembangunan instalasi limbah ini agar tertutup dan lebih rapi lagi, jangan asal jadi dan di buatkan bak penampungan limbah yang sesuai peruntukan agar tidak terjadi pencemaran lingkungan.

Kalau bisa pihak Dinkes mempercepat proses lanjutan pembangunannya karena kami menilai ini masih terbengkalai serta kalau dibiarkan terbuka seperti itu bisa menambah kerusakan atau kebocoran.

Laboratorium adalah tempat yang berfungsi untuk dilakukannya penelitian ilmiah atau percobaan tertentu. Laboratorium juga bisa berisiko mengancam keselamatan seseorang jika tidak dibangun dengan baik.

Maka dari itu, laboratorium perlu memenuhi syarat agar bisa dimanfaatkan dengan baik, termasuk sistem ventilasi yang baik, fasilitas keselamatan kerja, penataan yang baik, dan sarana instalasi pengolahan limbah untuk keselamatan kerja dan lingkungan. Bersambung… ( Doni )

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.