Dengan Inovasi Dan Jurus Jitunya UPK PPM Panggang Berikan Reward Kepada Kelompok Saat Tutup Buku 2022

Editor : Mas pay

Gunungkidul ( JMG ) – Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat di Kabupaten Gunungkidul dimulai sejak tahun 1999,melalui Program Pengembangan Kecamatan ( PPK ), Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan ( PNPM-MP) tahun 2008,Program Sistem Pembangunan Partisipasif ( P2SPP ) tahun 2010, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Integrarif ( PNPM Integratif ) tahun 2011 dan Program PNPM MP Pola Khusus MP3KI ( Masterplan Percepatan dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan Indonesia ) tahun 2014.

Pada tahun 2015 mendapatkan Program dari Kemendes ya itu PKKPM-PIE ( Program Peningkatan Kesejahteraan Keluarga Melalui Pemberdayaan Masyarakat- Pengembangan Infrastruktur Ekonomi), a set hasil- hasil kegiatan Program Pengembangan Kecamatan ( PPK) dan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan ( PNPM- MPd) khususnya berupa aset dana bergulir yang dikelola oleh UPK ” SEDYO RUKUN”sejak 1 mei 1999 sampai dengan 19 juli 2017. Lembaga ini diperuntukan bagi penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat terutama masyarakat rumah tangga miskin atau kurang mampu yang tergabung dalam kelompok pemanfaat peminjam.

UPK PPM Panggang cemerlang dalam pengelolaanya, terlihat banyak reward yang di berikan kepada pemanfaat saat laporan pertanggung jawaban tahun 2022 yang diselenggarakan pada kamis ( 29/12/2022 ) bertempat di UPK PPM Panggang, berbagai reward di berikan kepada pemanfaat berupa sepeda motor, kulkas, TV dan barang-barang lainya.

Hadir dalam Laporan pertanggung jawaban UPK PPM Panggang tahun 2022,Panewu Panggang Dra. Widyastuti, MM. Kepala Dinas DPMKP2KB Kabupaten Gunungkidul, Lurah se-Kapanewon Panggang, Bamuskal, LPMK,PKK, Tokoh masyarakat dan kelompok penerima reward.

UPK PPM Panggang dengan Manager Imam Bukhori, ST. Tri Puguh Setiawan sebagai Sekertaris, Retno Dwi Wijayanti, A. Md. sebagai bendahara, Tri Rahayu, SE. sebagai teller, Sudarmi sebagai pembukuan, Murwani, S. Pd. sebagai tata usaha,kemudian Triliswati, S. Pd. MPd., Anik Pujiyati, S. Pd., Sumardiyanto sebagai auditor pemeriksa, dengan para punggawa tersebut sukses menghantar UPK PPM Panggang dalam pengelolaan keuanganya.

Menurut Tri Puguh Setiawan selaku sekertaris saat diwawancarai media menjelaskan jurus jitunya bahwa UPK PPM Panggang pada tahun 2022 telah mengembangkan program inovasi pinjaman dengan melayani beberapa jenis pinjaman;

“UPK PPM Panggang berinovasi dengan melayani pinjaman, yaitu pinjaman regular, pinjaman insidental, pinjaman kredit kendaraan bermotor dan pinjaman mingguan, untuk reward di berikan kepada pemanfaat yang tepat waktu angsuran, ” jelas Puguh.

Setelah sambutan acara dilanjutkan dengan MAK ( Musyawarah Antar Kalurahan) yang di pimpin oleh ketua MAK, Sutarpan, SIP. kemudian pembahasan tata tertib dilanjutkan dengan laporan pertanggung jawaban UPK PPM Panggang, dilanjutkan laporan hasil auditor oleh pengawas, undian dan pemberian reward kemudian seremonial dan hiburan electone.

( Mbah Pri )

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.