Dandim 0301/PBR Hadiri Pembukaan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJPD Kota Pekanbaru Tahun 2025 – 2045

Editor : Ocu Azhar

PEKANBARU, (Jejak Media Group/JMG) – Komandan Kodim 0301/Pekanbaru, Letkol Inf Sri Marantika Beruh, S.Sos, M. I. Pol menghadiri acara pembukaan forum konsultasi publik rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Pekanbaru tahun 2025 – 2045.

Kegiatan tersebut dilaksanakan Ballroom Hotel Premiere Pekanbaru Jalan Jend Sudirman Kecamatan Pekanbaru Kota, Jumat (12/01/2024).

Dalam laporan penyelenggaraan Forum Konsultasi yang disampaikan Kepala Bappeda Kota Pekanbaru Iwa Gemino, S.St.Pi, M.AP memaparkan salah satu tahapan yang harus dilaksanakan sebelum menetapkan RPJPD adalah melaksanakan forum konsultasi publik.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan dan diikuti berbagai unsur lebih kurang 300 orang. Disini kami mengharapkan kepada bapak Pj Walikota Muflihun agar dapat membuka forum konsultasi publik,” ucap Iwa Gemino

Selanjutnya, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun membuka secara resmi Forum konsultasi publik rancangan awal RPJPD Kota Pekanbaru tahun 2025 – 2045.

Dalam sambutannya, Pj Walikota Muflihun menyampaikan pelaksanaan forum konsultasi publik yang dilaksanakan ini bertujuan untuk memupuk rasa kepemilikan publik terhadap Kota Pekanbaru yang diwujudkan dengan keikutsertaan stakeholder dalam merumuskan perencanaan pembangunan daerah.

“Adanya keterlibatan publik, maka rasa kepemilikan diharapkan terus tumbuh sehingga forum konsultasi publik ini diharapkan tidak hanya sekedar menjadi acara seremonial pelaksanaan regulasi, dengan kata lain, forum konsultasi publik merupakan wujud dari collaborative governance dan pelaksanaan demokrasi di Indonesia,” ucap Walikota.

Forum konsultasi publik merupakan salah satu rangkaian dalam proses perencanaan pembangunan sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah.

Menurutnya, forum ini juga merupakan media pembentukan komitmen seluruh stakeholder di Kota Pekanbaru dalam mewujudkan rencana pembangunan jangka panjang daerah periode 2025 2045 yang selaras dengan rencana pembangunan jangka panjang Provinsi Riau dan Nasional

Adapun rancangan visi Kota Pekanbaru Tahun 2025-2045 yang ditawarkan kepada peserta forum ini adalah “Pekanbaru Bertuah yang Berbudaya, Maju dan Berkelanjutan.

“Kita mempunyai misi yaitu mewujudkan transformasi sosial dengan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing tinggi. Mewujudkan transformasi ekonomi yang kokoh berbasiskan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mewujudkan transformasi tata kelola pemerintahan akuntabel. yang inovatif dan mewujudkan infrastruktur perkotaan yang terintegrasi, modern dan berkelanjutan serta memajukan budaya Melayu sebagai payung negeri,” terangnya.

Usai kegiatan tersebut, Dandim 0301/Pekanbaru Letkol Inf Sri Marantika Beruh, S. Sos, M. I.Pol menyampaikan forum konsultasi publik rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Pekanbaru tahun 2025 – 2045 bertujuan untuk menciptakan pembangunan infrastruktur yang lebih baik serta kesejahteraan rakyat, dengan pemantapan sumberdaya saing ekonomi daerah yang di dukung sumberdaya manusia yang sehat dan cerdas.

Dandim juga berharap dengan digelarnya kegiatan RPJPD ini Kota Pekanbaru menjadi maju menuju masyarakat sejahtera.

Turut hadir dapat rapat koordinasi tersebut, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, Perencana ahli utama deputi bidang pemantauan, evaluasi dan pengendalian pembangunan Kementerian PPN/Bappenas RI DR. IR. Budhi Santoso, MA, Direktur Regional I Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas RI Abdul Malik Sadat Idris ST, Sekdako Indra Pomi Nasution, Kepala Bappeda Iwa Gemino, S.St.Pi., M.AP, Dandim 0301/Pekanbaru
Letkol Inf. Sri Marantika Beruh S.sos.M.I.Pol, Kapolresta Pekanbaru diwakili, Kadis Pers Lanud RSN Letkol Adm Yuniar Budiharto Fary S.H, Ketua DPRD Pekanbaru Muhammad Sabarudin,
Anggota DPRD Provinsi Riau Dapil Kota Pekanbaru, Anggota DPRD Kota Pekanbaru, Kepala OPD Kota Pekanbaru, Tokoh masyarakat, Organisasi Pemuda dan wanita dan Tamu undangan – + 200 orang.

( Az77 )

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.