Bupati Klaten Meresmikan Puskesmas Cawas II

Editor : Mas Pay

Klaten ( JMG ) – Bupati Klaten, Sri Mulyani meresmikan gedung baru Puskesmas Cawas II di Desa Japanan, Kecamatan Cawas, Kamis (12/1/2023). Gedung baru tersebut melengkapi layanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Cawas II hingga perbatasan Kabupaten Sukoharjo.

Pada kesempatan tersebut, Sri Mulyani meminta jajarannya, khususnya Dinas Kesehatan Klaten, untuk memperhatikan fasilitas layanan kesehatan yang ada di Kabupaten Klaten. Sebagaimana diketahui fasilitas kesehatan merupakan salah satu wajah pemerintah daerah yang menjadi cerminan dari layanan yang diberikan kepada masyarakat.
“Dengan pembangunan gedung layanan di Puskesmas, manfaatnya akan dirasakan oleh masyarakat. Bila fasilitas di layanan kesehatan yang bersinggungan dengan masyarakat seperti puskesmas saja diperhatikan dan ditingkatkan, sudah pasti layanan rumah sakit daerahnya juga harus meningkat, karena ini merupakan wajah Klaten,” tutur Bupati.

Sri Mulyani juga mengapresiasi selesainya pembangunan gedung layanan Puskesmas Cawas II. Hal ini mengingat Puskesmas Cawas II bukan hanya melayani masyarakat di wilayah kerjanya, namun juga masyarakat di wilayah perbatasan Kabupaten Klaten dan Sukoharjo.
“Saya bersyukur Puskesmas Cawas II menjadi salah satu prioritas pembangunan di Klaten. Karena yang merasakan manfaatnya bukan hanya masyarakat Cawas, namun juga masyarakat Kabupaten Sukoharjo karena letak Puskesmas Cawas II berada lokasi yang strategis, yaitu di perbatasan Klaten-Sukoharjo,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Klaten, Cahyono Widodo mengatakan pembangunan gedung layanan baru Puskesmas Cawas II menggunakan APBD 2022 bersumber Dana Bagi Hasi Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Total anggaran mencapai Rp 2,4 miliar.
“Di tahun 2022, DBHCHT Kabupaten Klaten untuk bidang kesehatan dialokasikan untuk pembangunan 2 Puskesmas, Puskesmas Kalikotes dan Puskesmas Cawas II. Selain itu, juga dialokasikan untuk pengadaan 9 unit ambulans untuk 9 Puskesmas di Kabupaten Klaten,” kata Cahyo.

(Agoes )

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.