BPOM Padang Pastikan Kasus Dua Tersangka Kosmetik Illegal Lanjut ke Kejari

Editor : De Ola

Padang, (JMG) – Tim Tim Penindakan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kota Padang Sumbar kembali menunjukan komitmennya dalam memberantas perdagangan kosmetik illegal di Kota Padang. Pada 28 Mei 2024 lalu, tim BPOM Padang telah mengamankan dua pelaku yang diduga menjual dan memperdagangkan bermacam kosmetik ilegal tanpa memiliki surat izin edar di kawasan bundaran air mancur Pasar Raya Padang. Saat turun ke lokasi tersebut, tim dari BPOM Padang juga didampingi oleh Polresta Padang.

Helen selaku Ketua tim penindakan saat dikonfirmasi JMG pada Jumat (5/7) membenarkan telah melakukan penindakan dan mengamankan barang bukti bermacam macam kosmetik illegal. Dua pedagang telah ditetapkan sebagai tersangka.

” Benar kami telah melakukan razia kosmetik illegal pada 28 Mei 2024 dan telah menetapkan dua orang tersangka. Satu tersangka berkasnya telah sampai ke Kejari Padang dan satu lagi dalam waktu dekat akan kami limpahkan juga”, ujar Helen yang didampingi Linda dan Nining.

Ditambahkan Helen, setelah penindakan banyak pihak-pihak yang datang ke BPOM untuk mengurus masalah ini. Tapi BPOM komitmen untuk melanjutkan kasus tersebut.

” Banyak yang datang kesini dan mencoba untuk mengurusnya. Tapi BPOM tetap melanjutkan kasusnya. Kami juga telah mendengar isu-isu miring terkait ini. Mungkin ada yang mengira kasus ini kami selesaikan dan tutup. Tapi kami pastikan kasus ini lanjut”, kata Helen.

Kedua pelaku yang menjual kosmetik ilegal tanpa memiliki surat izin edar telah melanggar pasal 98 ayat 3 atau pasal 197 junto pasal 106 ayat 1 undang-undang kesehatan Nomor 36 tahun 2009 dengan ancaman pidana maksimal 12 tahun penjara, pungkas Helen diruang kerjanya. (Ism/Heri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.