BEA CUKAI TELUK BAYUR MUSNAHKAN 12,4 JUTA BATANG ROKOK ILEGAL DAN BARANG HASIL PENINDAKAN LAINNYA

Editor : De Ola
PADANG, (JMG) – Pada hari Kamis tanggal 11 Juli 2024, bertempat di halaman Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Teluk Bayur telah dilaksanakan kegiatan pemusnahan Barang yang Menjadi Milik Negara (BMMN) eks. barang hasil penindakan di bidang Kepabeanan dan Cukai yang terdiri dari :

  1. Rokok yang melanggar ketentuan di bidang cukai dengan jenis pelanggaran rokok tanpa dilekati pita cukai (polos) dan rokok yang dilekati pita cukai bekas 12.409.520 (Dua Belas Juta Empat Ratus Sembilan Ribu Lima Ratus Dua Puluh) batang yang terdiri dari berbagai merk, seperti: Luffman, OK Bold, H&D, Lexus Mild, Ran Bold, Up Grade, Vivo, Smith, Machester dan Camclar.
  2. Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) yang melanggar ketentuan di bidang cukai sejumlah 32,85 (Tiga Puluh Dua Koma Delapan Puluh Lima) liter.
  3. Barang Hasil Penindakan lainnya sejumlah 2 (Dua) bungkus Susu Bubuk dan 3 (Tiga) unit Monitor (Alat Kesehatan).

Barang-barang tersebut melanggar ketentuan di bidang cukai dan tidak dapat dipenuhinya ketentuan di bidang kepabeanan terhadap larangan dan/atau dari instansi teknis terkait.
Perkiraan nilai keseluruhan barang yang dimusnahkan adalah sebesar Rp16.837.327.556,00 (enam belas milyar delapan ratus tiga puluh tujuh juta tiga ratus dua puluh tujuh ribu lima ratus lima puluh enam rupiah) dengan potensi kerugian negara yang ditimbulkan adalah sebesar Rp11.669.981.174,60 (sebelas milyar enam ratus enam puluh sembilan juta sembilan ratus delapan puluh satu ribu seratus tujuh puluh empat koma enam puluh rupiah).

Disaksikan undangan yang hadir dari beberapa unsur, Indra Sucahyo selaku Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean B Teluk Bayur yang memimpin langsung proses pemusnahan, menyampaikan komitmen jajaran dalam penindakan barang kena Cukai illegal, dan terus bersinergi dengan instansi dan stakeholder terkait.

Pemusnahan tersebut dilakukan setelah mendapatkan persetujuan pemusnahan dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Padang. Kegiatan Pemusnahan ini merupakan bentuk transparansi pelaksanaan tugas dan fungsi Bea Cukai, terutama terkait peran sebagai community protector yaitu melindungi masyarakat dari peredaran barang-barang ilegal dan berbahaya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.