Kabar Pilkades Sei. Sembilang – Kab. Asahan Tahun 2022

Editor : Meza g.n

Tanjungbalai, (JMG) – Sei. Sembilang salah satu dari 90 Desa di Kab. Asahan yang pada bulan September 2022 mendatang di Desa ini diselenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2022.Semakin mendekatnya perhelatan akbar Pilkades di desa yang terletak persis di ujung pantai Asahan ini, semakin hangat pula suasana interaksi sosial dan politik terkait Pilkades di desa yang secara geografi terletak di sebelah timur Kab. Asahan yang berjarak lebih kurang 45 kilometer dari Kisaran ibukota Kab. Asahan Provinsi Sumatera Utara.

Antusiasnya warga masyarakat dalam menelaah untuk memilih bakal calon kepala desa sebagai pemimpin Sei. Sembilang guna menakhodai pemerintahan desa untuk masa enam tahun kedepan 2022 – 2028 sudah tampak sejak beberapa bulan yang lalu. Perbincangan tentang apa, bagaimana, dan siapa saja sosok putera desa yang dipandang paling layak memimpin desa ini terlihat pada tempat – tempat berkumpulnya warga desa, seperti di warung kopi (istilah warga setempat, Bopet/red), pekanan atau pasar perbelanjaan, perwiritan dan pengajian kaum ibu, Masjid dan lain – lain, mengingat pada kontestasi Pilkades inilah secara resmi perhelatan akbar dijadikan Warga masyarakat sebagai sarana untuk menentukan sosok Calon Kepala Desa yang akan dipilih yang dipandang dan diharapkan mampu untuk membawa perobahan Desa Sei. Sembilang ke arah yang lebih baik, yakni maju, aman, nyaman dan sejahtera, tentunya juga cita – cita dan harapan seluruh masyarakat ini dapat besinerji dengan program pembangunan pemerintah Kab. Asahan dibawah kepemimpinan Bapak H. Surya, B.Sc. dan Bapak Taufik Zainal Abidin, S.Sos. melalui Visi,Terwujudnya “Asahan Sejahtera yang Relijius dan Berkarakter”.

Dalam konteks pemilihan kepala desa Sei. Sembilang, tentunya hal yang sangat penting bagi warga masyarakat desa kiranya dapat menjatuhkan pilihannya kepada sosok asli putera desa yang bukan hanya dipandang mampu menjadi panutan dan pengayom masyarakat, tetapi mampu pula memainkan peranan strategis dalam menumbuh kembangkan nilai – nilai agama, sosial, adat dan istiadat sebagai warisan budaya leluhur masyarakat desa, serta juga putera asli yang akan maju pada Pilkades sei. Sembilang seharusnya pula mampu mengembangkan segala potensi sumber daya alam yang ada, khususnya pada sektor perikanan dan kelautan serta pembangunan destinasi wisata pantai sekaligus menjadikan Sei. Sembilang sebagai Desa Maritim kerena memang secara topografi desa ini terletak pada pantai laut Asahan disisi selat malaka, juga pengembangan potensi usaha pertanian, perdagangan dan lain – lain dengan memanfaatkan akses perhubungan laut ke wilayah pesisir pantai diluar Asahan, yang kesemuanya bermuara demi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, momen pilkades ini pula merupakan suatu upaya mendaulat putera asli desa yang lahir, besar, dikenal dan cukup mengenal desa Sei. Sembilang baik dari sisi struktural maupun kultural, yang maju melangkah menjadi calon berdasarkan hati nurani yang tulus ditopang oleh keinginan warga, “bukan sebaliknya calon kepala desa yang diduga sengaja didatangkan oleh pihak – pihak tertentu, yang tidak dikenal dan mengenal Sosial budaya desa, yang apabila hal ini terjadi nantinya, sangat jelas hanya menggangu kemurnian kontestasi Pilkades, serta dapat memicu keresahan dan ketidak nyamanan masyarakat desa Sei. Sembilang dalam berdemokrasi. Dengan kata lain, jelasnya warga masyarakat berharap agar segala rangkaian dan tahapan Pilkades desa Sembilang ini dilaksanakan secara Jujur dan Adil, tanpa adanya kecurangan – kecurangan.

Bersatu Membolo Kampung, Menuju Sei. Sembilang Sejahtera dan Berbudaya.

Terkait dengan Pilkades Serentak Kab. Asahan tahun 2022, awak Media JMG menjumpai Bapak Nazaruddin Panjaitan Pemuka masyarakat, yang diketahui di gadang – gadang warga untuk maju pada Pilkades. Ditemui di salah satu rumah warga, Pria 49 tahun yang cukup familiar dan nampak bersahaja ini menuturkan “Sebelumnya Saya tidak ada berniat mau maju menjadi calon kepala desa tapi mengingat kerena adanya permintaan dari sebahagian warga, dan juga merasa terpanggil untuk membolo kampung kami Desa Sei. Sembilang ini, akhirnya setelah dipikir – pikir panjang dan dengan berharap izin Allah SWT, insya Allah Saya akan mendaftarkan diri menjadi Kepala Desa Sei. Sembilang.

Menurut Pak Nazaruddin, yang biasa di Panggil Pak Is ini, kalau dirinya maju menjadi calon kades bermodalkan do’a dan dibaringi ikhtiar dan dorongan serta dukungan semangat dari Warga desa Sembilang, kelak bila berezeki menjadi kepala desa maka untuk selanjutnya modal utama untuk memajukan desa ini, beliau akan mengajak masyarakat untuk secara bersama – sama dapat melakukan perobahan serta memajukan program – program pembangunan yang strategis dari berbagai bidang pembangunan desa seperti keagamaan, sosial, pendidikan, perekonomian, perikanan dan kelautan, pertanian, dan lain – lain serta utamanya pembinaan terhadap kaum muda (millenial) dan pembangunan sarana olah raga, serta balai latihan kerja (BLK).

Disamping program unggulan pembangunan desa, masih menurut Pak Is “secara khusus penataan dan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) menjadi suatu strategi dan sasaran yang harus dilaksanakan pada tataran pengembangan ekonomi desa, dimana Bumdes diharapkan menjadi pilar dan pilot proyek bagi usaha – usaha di desa, seperti usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), dan juga koperasi jasa keuangan syariah (KJKS) pada kelompok – kelompok usaha masyarakat lainnya”, pungkasnya.

Tidak banyak yang kami kutip dari penuturan Pak Is Calon Kades Sei. Sembilang ini, hanya saja diakhir pertemuan dengan awak Media JMG beliau mengatakan Slogan atau motto perjuangan Saya bersama Warga untuk meraih jabatan sebagai Kepala Desa adalah “Bersatu Membolo Kampung, Menuju Sei. Sembilang Sejahtera dan Berbudaya”. Semoga hendaknya. (Tajuk).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.